iklan

" Info - Cara Jitu Mengatasi Rem Cakram Depan Motor Yang Macet "

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Hello Bro n Sis, berbicara tentang  Rem pada “Sepeda Motor”, Rem  merupakan alat yang sangat Vital pada Sepeda Motor, dengan adanya Rem kita dapat memperlambat dan juga menghentikan laju Sepeda Motor saat di kendarai, secara teknis fungsi Rem sangatlah penting dalam mengontrol laju Sepada Motor.




Salah satu "problem dan penyakit"  yang sering di alami oleh komponen "Rem Cakram Sepeda Motor" ialah : Rem tidak dapat berkerja dengan baik alias macet. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya perawatan dan perhatian khusus  pada Rem, seperti pergantian minyak Rem tidak dilakukan, pembersihan piston rem saat pergantina kanvas tidak dilakukan, dan factor umur pakai rem juga dapat menyebabkan kinerja sistem rem cakram menurun dan sering menyebabkan macet.

Ok Brosis, disini Sekilas Otomotif akan mengelus tuntas tentang Cara Jitu Mengatasi Rem Cakram Depan Motor Yang  Macet  , selengkapnya sebagai berikut :


Rem Cakram depan macet karena bagian Master Silinder (Silinder Master) yang bermasalah :


Di dalam Master Silinder (Silinder Master), ini terdapat beberapa komponen, komponen utama yang sering bekerja dan bergerak untuk menekan atau mendorong minyak rem, sampai ke bagian Kaliper bawah ialah Kit Silinder Master. 


Master Silinder (Silinder Master)
Master Silinder (Silinder Master)


Kit Silinder Master  Korosi
Kit Silinder Master  : Yang Korosi atau Berjamur

Melihat gambar Kit Silinder Master yang mengalami Korosi dan Berjamur diatas, ini dapat menyebabkan kemacetan pada Rem Cakram, mengapa bisa terjadi macet : "Karena gerak balik Kit Silinder Master terhambat oleh sisa Korosi dan Jamur yang melekat pada ruang gerak Kit Silinder Master tersebut". 

Catatan : Apa bila Kit Silinder Master mengalami Korosi dan Jamur yang mengakibatkan Kemacetan pada Rem Cakram, tak ada kata lain, yaitu lakukanlah pergantian pada Kit Silinder Master tersebut secepatnya.

Rem Cakram depan Macet  karena Kaliper bermasalah :

Yang kedua ialah Rem Cakram macet karena kaliper bermaslah, ini sudah pasti tidak salah lagi dengan dugaan yang tepat yaitu pada Piston yang tertanam didalam Kaliper cacat karena kotoron atau debu yang mengendap sehingga kinerja piston terhambat, Piston merupakan komponen utama pada Kaliper yang menerima tekanan dari minyak rem dan di teruskan ke kanvas rem.



Kaliper Rem Cakram Motor
Kaliper Rem Cakram Motor

Untuk menganalisa piston macet dan tidak normal dalam kinerjanya kita dapat melihat keadaan fisik yang terjadi, seperti debu yang melekat, secara teknis piston memiliki seal debu nah seal debu yang sudah rusak tersebut lah yang memicu debu masuk kedalam sela-sela piston, sehingga piston yang tertanam dalam cakram mengalami macet karna terganjal oleh debu dan yang lebih parahnya sampai piston cacat dan macet.

 
Piston : Debu Melekat
Piston : Debu Melekat


Piston Kaliper
Piston Kaliper : Baret & Cacat


Untuk menangani Piston Baret dan Cacat sehingga mengalami kemacetan pada "Rem Cakram", lakukanlah pergantian Piston dan Seal Debu Piston, sehingga kinerja Piston yang tertanam di dalam Kaliper menjadi kembali optimal.

Catatan : Lakukan perawatan dengan baik, sehingga kinerja Rem menjadi lebih baik dan Optimal saat di gunakan, dan dengan pengereman yang baik, tentunya kita dapat mengontrol lajunya Sepeda Motor yang Kita kendarai.
Sekian dulu Bro n Sis, semoga artikel ini bermanfaat  untuk kita semua dan terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga :




Service Shockbreaker Depan Motor "Karena Bocor"  

Cara Jitu Mengatasi  Motor Mati Mendadak Saat di Kendarai dan Juga Saat Suhu Mesin Panas tiba-tiba Mati

Cara Jitu Mengatasi Bohlam Lampu Motor yang Sering Putus, Temukan Penyababnya disini  

4 Tips Dan Cara Simpel Merawat Motor "Tetap Prima" 

Cara Service Ringan Motor Injeksi 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "" Info - Cara Jitu Mengatasi Rem Cakram Depan Motor Yang Macet ""

Posting Komentar