iklan

" Info - Wajib & Sangat Penting Oli Mesin dan Filter Oli Mesin Harus Di Ganti Secara Berkala "

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Sebelum lebih lanjut akan pentingnya melakukan penggantian  Oli Mesin dan Filter Oli, ada biaknya kita menggenal fuungsi utama Oli dan filter Oli pada Mesin. Fungsi utama Oli pada Mesin ialah sebagi pelumas, di mana seluruh komponen mesin baik yang berputar atau pun tidak berputar tanpa terkecuali semuanya akan di lumasi oleh Oli, agar perputaran komponen yang bergerak menjadi halus dan lancar, adapun komponen yang tidak bergerak dan berda di dalam mesin, mengapa harus di lumasi Oli juga ??? supaya komponen tersebut tetap terjaga dan tidak mudah panas, karena panasnya suhu mesin.

Wajib & Sangat Penting Oli Mesin dan Filter Oli Mesin Harus Di Ganti Secara Berkala
Gambar. Oli motor

Wajib & Sangat Penting Oli Mesin dan Filter Oli Mesin Harus Di Ganti Secara Berkala
Gambar. Filter Oli Motor

Sealain fungsi utama yang ada pada Oli mesin, ada juga beberapa fungsi & peran Oli terhadap mesin sbb :

  • Sebagai pendingin dari panasnya Mesin
  • Sebagai peredam getaran yang terjadi di dalam mesin
  • Sebagai anti karat (karena logam yang ada pada mesin akan terus terlumasi Oli)
  • Sebagai di terjen atau pembersih kotoran yang menempel pada mesin, akan tersapu oleh Oli

Fungsi Filter Oli

Sedangkan Fungsi dari Filter Oli ialah sebagai penyaring Oli agar tidak terkontaminasi oleh kotoron, ada beberapa motor yang memiliki Filter Oli ada juga yang tidak memilki Filter Oli. Nah di sini tetunya bagi motor yang memiliki Filter Oli mempunyai konturksi mesin yang berbeda, karena sebelum Oli memasuki len atau lubang aliran Oli, tentunya Oli yangkan terpompa menuju mesin akan melalui penyaringan (Filter), guna menghindari kotoran dan menghindari tersumbatnya aliran oli pada lubang atau len aliran Oli tersebut.

Sudah jelaskan mengenai Fusngi Oli dan Filter Oli pada mesin motor. Sekilas Otomotif akan berbagi tips mengenai Wajib & Sangat Penting Oli Mesin dan Filter Oli Mesin Harus Di Ganti Secara Berkala - selengkapnya sebagai berikut :

Setelah mengetahui Fungsi Utama dan Peran dari Oli serta Filter Oli, tentunya kita perlu dan sangat wajib melakukan pergantian Oli dan Filter Oli terhadap Mesin secara berkala, agar Mesin motor anda tetap terjaga sehingga menjadi awet dalam pemakiannya.


Melakukan penggantian Oli yang tepat secara berkala : 

Melakukan penggantian Oli yang tepat secara berkala ialah, gunakan patokan pemakian jarak tempuh motor Anda pada sepedometer, yaitu pada jarak tempuh 1500 Km, ini di lakukan secara berkala. Contoh bila kita melakukan ganti Oli dan kita melihat sepdometer tepat di 4000 Km pemakian, untuk ganti Oli berikutnya tinggal kita tambahkan saja ;
(4000 Km + 1500 Km = 5500 Km)  jadi kita akan mengganti Oli mesin berikutnya di 5500 Km.


Wajib & Sangat Penting Oli Mesin dan Filter Oli Mesin Harus Di Ganti Secara Berkala
Gambar. Mengganti Oli Mesin Motor

Melakukan penggantian Filter Oli yang tepat secara berkala :

Untuk penggantian Filter Oli secara berkala ini beda dengan penggatian Oli, namun teknis dan caranya hampir sama, yaitu di setiap pemakian dengan jarak tempuh 6000 Km - 6500, selanjutnya tambahkan saja secara berkala, contohnya :
 Bila kita tepat mengganti Filter Oli pada Jarak tempuh 12000 Km untuk pergantian berkala berikutnya tinggal kita tambah saja 6000 Km (12000 + 6000) = 18000 Km.



Wajib & Sangat Penting Oli Mesin dan Filter Oli Mesin Harus Di Ganti Secara Berkala
Gambar. Mengganti Filter Oli Motor

Dapat di simpulkan bahwa memang sangat penting Funsi Oli dan Filter Oli, karena mengingat dari Fungsi dan Peran penting tadi, Ada baiknya lakukanlah pergantian secara berkala, agar performa mesin tetap terjaga dan mesin menjadi awet tahan lama.

Sampai di sini dulu y, ulasan singkat mengenai penggantian Oli dan Filter Oli motor, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "" Info - Wajib & Sangat Penting Oli Mesin dan Filter Oli Mesin Harus Di Ganti Secara Berkala ""

Posting Komentar